Politisi Muslim Jadi Calon Wali Kota London

calon-wali-kota-london-sadiq-khanInggris — Politisi Muslim, Sadiq Aman Khan, menjadi calon kuat Wali Kota London.  Dalam jajak pendapat terakhir sebelum pemilihan Wali Kota London digelar, Kamis (5/5/2016), pemimpin oposisi berdarah Pakistan ini unggul atas calon lainnya.

Khan berpeluang besar menjadi Wali Kota London pertama dari kalangan Muslim. Berdasarkan hasil dua jajak pendapat terakhir Rabu (4/5/2016), putra seorang sopir bus itu unggul 14 poin dari Zac Goldsmith, pesaing Khan dari partai konservatif pimpinan PM David Cameron.

Khan dan Goldsmith merupakan calon wali kota terpopuler di antara 10 kandidat yang akan menggantikan Wali Kota London saat ini, Boris Johnson.

Sebuah jajak pendapat yang digelar harian The Evening Standard menghasilkan 35 persen suara untuk Khan dan 26 persen untuk Goldsmith.

Bahkan, dalam jajak pendapat kedua, keunggulan Khan atas Glodsmith makin besar, yaitu 57 persen melawan 43 persen.

Jajak pendapat kedua yang dilakukan ComRes untuk radio LBC dan stasiun televisi ITV menempatkan Khan dengan 45 persen pemilih dan Goldsmith 36 persen suara.

Di jajak pendapat kedua, Khan malah unggul hingga 56 persen meninggalkan Goldsmith dengan 44 persen suara.

Sadiq Khan (45) adalah putra seorang imigran Pakistan yang bekerja sebagai sopir bus. Khan tumbuh besar di lingkungan kelas menengah dan pernah bekerja sebagai pengacara kasus HAM sebelum menjadi menteri di pemerintahan.

Zac Goldsmith (41) adalah aktivis lingkungan dan anggota parlemen dari Partai Konservatif.

Dalam jajak pendapat tahun lalu menunjukkan, 55 persen dari warga London tidak masalah dengan kemungkinan terpilihnya Wali Kota Muslim. Sebanyak 31 persen responden lainnya mengatakan tidak nyaman dan 13 persen menjawab tidak tahu.*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *