Musyawarah dan Pertemuan Nasional (Pernas) ke-8 Majelis Sinergi Kalam (Masika)

H8oSqKfoeoMusyawarah dan Pertemuan Nasional (Pernas) ke-8 Majelis Sinergi Kalam (Masika) ICMI telah menunjuk Mantan Ketua Masika Jawa Barat, Ferry Kurnia Rizkiyansyah S.IP, M.Si, sebagai Ketua Umum Masika Periode 2015-2020 pada Sabtu (10/10) di Jakarta.

Ferry didaulat menggantikan Ketua Presidium Masika sebelumnya, Dr. Mochammad Nasih, dalam musyawarah yang dihadiri oleh puluhan perwakilan pengurus Masika seluruh Indonesia.

Ferry yang juga merupakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat ini terpilih pada musyawarah terbatas lima anggota formatur, dalam rangkaian agenda Pertemuan Nasional (Pernas) Ke-8 Masika ICMI.

Selain Ferry, empat formatur lainnya adalah Ismail Rumadan (akademisi), Ismail Suardi Wekke (akademisi), Media Arief Rizqie (praktisi ekonomi syariah), dan Nurfajri Budi Nugroho (jurnalis).

“Masika ICMI adalah rumah bagi para pemuda muslim dari berbagai kalangan. Di Masika kita menerima mereka yang berasal dari NU, Muhammadiyah, atau kelompok-kelompok Islam lainnya,” ujar Ferry dalam sambutannya di hadapan para peserta Pernas.

Prioritas pokok yang akan jadi fokus Ferry pada kepengurusannya antara lain, pertama, membangun kembali eksistensi Masika yang ada di seluruh daerah. Kedua, Melakukan penataan organisasi, termasuk memperbaiki database keanggotaan. Ketiga, memperkuat karakter kecendekiaan dan intelektualitas di tubuh Masika ICMI.

Sementara Ketua Presidium Masika ICMI Demisioner Mohammad Nasih mengatakan pentingnya penguatan kajian-kajian kecendekiaan dengan paradigma keislaman dan keindonesiaan. Menurutnya, paradigma keislaman sangat penting ditekankan, karena di masa depan persaingan ideologi, peradaban, dan juga kebudayaan akan terjadi semakin kuat.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan, Presidium ICMI, Dr. Sugiharto, juga Mantan Ketua Masika senior, Drs. Abdul Hamid serta pengurus Masika sebelumnya, Dr. Didin Muhafidin, dan Ir. Ibnu Mahmud.

Beberapa utusan pengurus Masika dari kawasan Sumatera banyak yang tak bisa hadir, karena pesawat yang akan mereka tumpangi terkendala kabut asap di Sumatera. Meski demikian, acara tetap berjalan lancar hingga membuahkan keputusan terpilihnya anggota KPU Pusat itu sebagai Ketua Umum Masika yang baru.

Sebagaimana arahan dari Ketua Presidium ICMI, Dr. Sugiharto dalam sambutan pembukaannya, Masika ICMI sebagai kader pembentukan calon pemimpin ICMI diharapkan bisa mendahului perubahan sistem kepemimpinan yang semula presidium menjadi paket Ketua Umum agar lebih efisien dalam bekerja.

“ICMI akan merubah sistem dan tata cara kepemimpinan dengan menggunakan Ketua Umum, karena sistem sebelumnya dianggap tidak efisien dalam era yang dituntut kecepatan dalam pergerakan organisasi,” ujar Sugiharto dihadapan sidang musyawarah.

Selain itu, Sugiharto berjanji akan menyertakan Masika ICMI dalam muktamar mendatang sebagai salah satu unsur undangan peserta yang diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih banyak.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *