Muswil ICMI Jabar 27 November: Waspadai Cendekiawan Oportunis!

Dari kiri: H. Darun Setiadi, H. Ganjar Kurnia, H. Burhan Arief.

Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Organisasi Wilayah Jawa Barat (ICMI Orwil Jabar) akan mengadakan Musyawarah Wilayah pada Ahad, 27 November 2011, di Bumi Madani Jln. Cikutra 276-D Bandung.

Agenda acara Muswil antara lain sambutan Ketua ICMI Orwil Jabar H. Burhan Arief, pengarahan Ketua Presidium ICMI Pusat H. Ilham Akbar Habibie, dan sambutan Gubernur Jabar H. Ahmad Heryawan sekaligus membuka Muswil.

Agenda acara paling “panas” diperkirakan terjadi pada pemilihan Ketua ICMI Jabar masa bakti 2011-2016 dan pemilihan formatur pengurus yang dijadwalkan berlangsung sore hari.

Sekretaris Dewan Pakar ICMI Jabar, H. Darun Setiadi, mengingatkan peserta muswil agar mewaspadai “cendekiawan oportunis-ambisius” yang melakukan praktik tidak jujur dan “tercela” –seperti jual-beli suara— dalam pemilihan ketua.

“Waspadai calon yang ‘jualan’ dengan cara yang tidak patut. Jaga integritas,  jaga reputasi ICMI di publik,” imbaunya. “ICMI tidak lagi perlu bermain dalam koridor politik, tapi dalam koridor akademik, koridor profesional, kedepankan kecendekiaan, bukan pikiran atau pendekatan pragmatis,” tegasnya

Ia kembali mengingatkan, sangat memalukan jika nanti seorang ketua ICMI terpilih dengan menggunakan cara-cara “kotor”. “Itu merusak integritas ICMI, sekaligus nama baik cendekiawan Muslim dan organisasi Islam secara umum di mata publik”.

Diminta pendapatnya tentang adanya pihak yang “bergerilya” karena ambisi untuk menjadi ketua, bahkan dengan bermain suap dan perilaku tercela lainnya, ia mengatakan dengan nada guyon: “Setan pun tidak akan terima kalau ada cendekiawan yang ambisius seperti itu!”

Informasi dari panitia Muswil, selain “mendadak” banyak orang yang ingin menjadi anggota ICMI, juga banyak orsat “dadakan” yang disinyalir dibuat untuk mendukung salah satu nama yang berambisi menjadi ketua. (Mel).*

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *