MUKTAMAR ICMI : INDONESIA HARUS TERUS DIBAWA JADI MODEL MUSLIM DUNIA

pra-muktamar-keenam-dan-milad-ke-25-icmi-di-di-_151211185628-862Ketua MPR RI Zulkifli Hasan didaulat menjadi salah satu wakil ketua umum Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Zulkifli bersama enam tokoh lainnya terpilih menjadi pimpinan ICMI periode 2015-2020 pada Muktamar ICMI ke-VI di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (13/12).

Mereka yang terpilih adalah, Jimly Assiddiqqie (gurubesar hukum tatanegara UI / Ketua DKPP / mantan Ketua MK) sebagai ketua umum. Sementara Ilham Akbar Habibie (anak mantan Presiden BJ Habibie), Mohammad Nuh (mantan Menteri Pendidikan), Zulkifli Hasan (Ketua MPR), Priyo Budi Santoso (mantan Wakil Ketua DPR), Herry Suhardiyanto (Rektor IPB), dan Hatta Rajasa (mantan Menko Perekonomian), masing-masing wakil ketua umum.

Meski tidak terpilih menjadi ketua umum, Zulkifli tetap mendorong cendikiawan muslim untuk bersungguh-sungguh mengutamakan dan memberikan pemikiran dan kontribusi terhadap bangsa dan negara berupa konsep kenegaraan yang baik, sistem kebangsaan, sistem ekonomi, dan sistem demokrasi.

“Indonesia sebagai model negara Islam yang rahmatan lil alamin, yang toleran, Islam yang terbuka dan patut menjadi contoh bagi negara-negara lain,” ungkapnya di sela Muktamar, Minggu (13/12).

Jadi, lanjut Zulkifli, hal ini patut dirumuskan oleh kepengurusan ICMI yang baru ke depan.

“Indonesia harus jadi model negara muslim di dunia,” tukas ketua umum PAN ini.

Pemilihan ketua umum Pengurus Pusat ICMI dilakukan secara musyawarah mufakat di antara tujuh orang yang terpilih sebagai formatur. Pemilihan diawali dengan usulan nama dari peserta Muktamar (Orwil, Orda, Orsat). Dari usulan itu ada 63 nama. Dari 63 nama itu terpilih menjadi 15 nama berdasarkan urutan suara terbanyak. Kemudian 15 nama itu dibawa ke Majelis Permusyawaratan Muktamar. Dari musyawarah, suara terbanyak nomor satu sampai tujuh menjadi formatur sekaligus menyusun pengurus inti ke depan.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *