Makanan Haram Kendala Doa Terkabul

hadits nabi

Makanan Haram Kendala Doa Terkabul. Penyebab doa tidak dikabulkan.

ALLAH SWT menjanjikan akan mengabulkan doa hamba-Nya.  Namun, menurut hadits shahih riwayat Muslim,  Allah juga tidak akan mengabulkan doa orang yang memakan makanan haram, meminum minuman haram, dan pakaian yang didapat secara tidak halal.

Sesungguhnya Allah itu Maha Baik tidak menerima melainkan sesuatu yang baik. Dan Sesungguhnya Allah telah memerintah para orang yang beriman sama dengan apa yang telah Dia perintah dengannya terhadap para rasul. Maka firmanNya yang artinya : Wahai rasul-rasul makanlah kamu daripada makanan yang baik (halal)…dan firmanNya lagi yang artinya : Wahai orang-orang yang beriman makanlah kamu daripada makanan yang baik apa yang dianugerahkan kepadamu(halal)…. Kemudian Rasulullah s.a.w menyebut tentang seorang pemuda yang bermusafir dalam perjalanan yang jauh, hal rambutnya kusut masai, mukanya berrdebu di mana dia mengangkat tangan ke langit : Wahai Tuhanku…wahai Tuhanku… sedangkan makanannya haram, minumannya haram dan pakaiannya haram..Dan dia dibesarkan dengan memakan makanan haram maka bagaimana Kami mau mengabulkan doanya” (HR. Muslim).

Dalam Syarah al-Arba’in al-Nawawiah disebutkan, Ibnu Abbas menerangkan, Allah SWT tidak akan menerima shalat seseorang yang di dalam tubuhnya ada perkara yang haram.

Imam Syafi’i pernah mengadu kepada gurunya tentang susahnya mengingati dan memahami apa yang dipelajari, padahal sebelumnya ia tidak pernah berlaku perkara demikian.

Lalu gurunya meminta agar Imam Syafi’i menjauhkan diri dari perkara yang haram: “Sesungguhnya ilmu itu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak akan dianugerahkan kepada orang yang berbuat maksiat”.

Mendengar jawapan gurunya, lalu Imam Syafi’i pulang dan bertanya adakah dirinya telah diberi makan atau minum perkara yang haram.

Lalu ibunya teringat bagaimana dia telah memberi minum air susu yang diperah dari seekor kambingnya yang telah memakan tanaman tetanggannya tanpa sengaja.

Setiap Muslim yang memanjatkan doa kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh, maka akan dikabulkan oleh Allah SWT dengan salah satu dari empat cara berikut ini:

  1. Dikabulkan langsung dengan segera
  2. Dikabulkan dengan penundaan
  3. Dikabulkan di akhirat nanti dengan digandakan pahala kebaikannya.
  4. Diampuni dosanya

Demikian rahasia di balik tidak terkabulkannya doa kita serta rahasia sukses doa maqbul. Semoga kita diberi kekuatan untuk menjauhi perkara haram. Amin…! Wallahu a’lam bish-shawabi.*