Komunitas Muslim Indonesia-Malaysia Gelar Muktamar di Las Vegas

Menjelang tutup tahun 2011 lalu, komunitas muslim Indonesia dan Malaysia di Amerika Utara dan Kanada menggelar muktamar di Las Vegas. Muktamar kali ini sangat fenomenal karena jumlah pesertanya mencapai 1.000-an orang. Muktamar yang diselenggarakan oleh Indonesian Muslim Society in America (IMSA) setiap tahun tanggal 23 s.d. 27 Desember ini menjadi ajang berkumpulnya kaum muslim Indonesia dan Malaysia.

Muktamar yang diselenggarakan di “Kota Judi” itu mendatangkan pembicara terkenal dari Indonesia, yaitu Ustadz Habibburrahman El Shirazy alias Kang Abik, penulis novel dan sutradara terkenal dengan karya-karyanya “Ayat-Ayat Cinta”, “Ketika Cinta Bertasbih”, dan “Di Atas Sajadah Cinta”.

Penulis yang tinggal di Kota Salatiga, Jawa Tengah, itu menjadikan daya ‘magnit’ yang luar biasa bagi para peserta muktamar. Ustadz dengan keahlian di bidang sastra ini membuat semakin semarak acara tersebut.

Muktamar IMSA yang berlangsung di Hotel Renaissance ini juga mendatangkan pembicara lokal, seperti Ustadz Syamsi Ali dan Ustadz Mohamad Joban.  Ustaz Syamsi Ali (Imam Masjid Jamaica dan Al-Hikmah di New York) dan Ustaz Joban (Imam Masjid Ar-Rahmah, Washington) juga menjadi maskot daya tarik tersendiri.

Kalau tahun-tahun sebelumnya jumlah peserta muktamar 600-an s.d. 700-an orang, pada tahun 2011 jumlah peserta merangkak mendekati angka seribu lebih. Angka ini menjadikan muktamar dengan jumlah peserta terbanyak.

Ketika angka peserta sudah melewati 1.000-an, terpaksa panitia muktamar menutup pendaftaran. Mereka khawatir sarana dan prasarana hotel tidak menampung semakin besarnya jumlah peserta.

Muktamar tiga hari yang dibuka secara resmi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Dr. Dino Patti Djalal, hari Sabtu (24/12) ini dihadiri juga oleh Atase Pertanian dan Atase Pendidikan KBRI serta perwakilan Duta Besar Malaysia untuk Amerika.

Muktamar kali ini diramaikan juga oleh pembicara putra-putra bangsa Indonesia yang berprestasi dan berkiprah di Amerika. Bidang Biotek diwakili oleh Dr. Muhammad Arief Budiman, bidang Security IT oleh Rudi Himawan, M.Eng., bidang kedokteran dan kesehatan oleh Dr. Hadi Asmara. (ANTARA).*

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *