JK Meriahkan Muktamar dan Milad ICMI di NTB

JK Meriahkan Muktamar dan Milad ICMI di NTB

WAPRES-MEMBERI-SAMBUTAN-SAAT-PEMBUKAAN-MUKTAMAR-ICMI-KE-25-1

Mataram, redaksikota – NTB menjadi tuan rumah pada Muktamar ke VI dan Milad ke-25 Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI). Muktamar yang digelar di Auditorium Yusuf Abubakar, Sabtu (12/12/2015) dibuka dengan tarian selamat datang (Tari Saman) dan Pembacaan ayat suci Al-qur’an. Muktamar yang mengangkat tema “membangun Indonesia bermartabat”.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI H.M.Jusuf Kalla dan dihadiri oleh Menpan RB Prof. Dr. H. Yuddy Chrisnandi, ME, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua Presidium ICMI Pusat Dr. Sugiharto, SE, MBA, FKPD lingkup Provinsi NTB, dan Pengurus organisasi pusat dan milayah ICMI.

Pembukaan Muktamar ICMI dirangkai juga dengan Penandatanganan mou antara ICMI dengan Baznas tentang peningkatan mutu guru di sekolah dan Launching program desa emas.

Pada kesempatan itu, Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengapresiasi pembukaan Muktamar ICMI yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI H.M.Jusuf Kalla.

“Sebagai Kepala Daerah dan Ummarah, saya mengucapkan selamat datang kepada Wakil Presiden beserta rombongan, dan peserta ICMI dari seluruh Indonesia. Mudah-mudahan bapak dan ibu sekalian mendapatkan hal yang positif dan merasa nyaman selama berada di NTB,” harapnya.

Berkenaan dengan ICMI, Gubernur NTB bercerita sedikit tentang pengalamannya yang mendapat beasiswa dari ICMI selama 2 tahun ketika menempuh pendidikan di Kairo.

“Saya berharap mudah-mudahan ICMI membuat lagi program beasiswa untuk anak-anak yang berprestasi, karena melalui generasi mudalah yang menjadi modal kita dalam menjadi negara yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Ketua ICMI Orwil NTB Prof. Ir. Sunarpi, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih setingggi-tingginya kepada Wakil Presiden RI H.M.Jusuf Kalla yang telah meluangkan waktunya hadir di acara muktamar ini.

Ia juga melaporkan undangan yang hadir adalah 949 orang yang terdiri dari anggota ICMI orwil seluruh Indonesia, serta orwil dari negara tetangga, seperti Timur Leste, Timur Tengah, dan Australia.

“Terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah provinsi NTB dan para sponsor yang telah menyumbangkan segala dukungan baik dalam bentuk moral dan material. Tanpa bantuan dari semua pihak, Muktamar ini tidak akan berjalan dengan sukses,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Presidium ICMI Pusat, Dr. Sugiharto, SE, MBA mengatakan bahwa penyelenggaraan Muktamar ICMI kali ini berlangsung sangat istimewa, karena ICMI pertama kali dibentuk di kampus juga, yaitu di Universitas Brawijaya 25 tahun yang lalu.

“Saya juga menyampaikan selamat ulang tahun kepada Provinsi NTB yang akan berulang tahun pada 17 Desember nanti. Mudah-mudahan dengan bertambahnya usia NTB yang semakin matang ini bisa menjadi Provinsi yang lebih baik lagi”, ujarnya.

ICMI adalah organisasi cendekiawan yang berbasis islam secara konsisten berusaha untuk meningkatkan kualitas karya dan kualitas zikir, disini ICMI berusaha menyeimbangkan antara bekerja dan beribadah.

ICMI memiliki 43 orwil yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selama 25 tahun berdiri, ICMI telah melahirkan Bank Syariah pertama, yaitu Bank Muammalat dan juga mendirikan koran Republika.

Mengakhiri rangkaian acara pembukaan Muktamar ICMI, Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa kegelisahan mahasiswa menjadi awal lahirnya organisasi ini. “para mahasiswa lah yang menjadi sumber inspirasi tentang perubahan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik”, ungkapnya.

ICMI bersinergi dengan organisasi-organisasi yang ada di Indonesia untuk sama-sama mencapai cita-cita bangsa Indonesia yang bermartabat.

“kunci utama dari bermartabat adalah berdaulat di bidang politik dan agama,serta mandiri dalam bidang ekonomi,” ujar pria kelahiran Bone.

Pembukaan Muktamar ICMI diakhiri dengan pemukulan bedug oleh Wakil Presiden sebagai tanda dibukanya acara ini secara resmi.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *