Jimly Terpilih jadi Ketua Umum ICMI

278526_advokat-ditantang-harus-berani-dalam-bertugas_663_382MATARAM – Jimly Asshiddiqie terpilih menjadi ketua umum  Ikatan Cedekiawan Muslim  (ICMI) periode 2015-2020.

Pemilihan berlangsung secara musyawarah dan mufakat setelah melalui proses yang cukup alot pada  Muktamar  VI dan Milad ke-25 Ikatan Cedekiawan Muslim  (ICMI) Minggu kemarin (13/12). Pemilihan  oleh tujuh orang yang  terpilih sebagai formatur. Pemilihan diawali dengan usulan nama dari peserta Muktamar (Orwil, Orda, Orsat). Dari usulan itu, muncullah 63 nama yang kemudian terpilih 15  nama berdasarkan urutan suara terbanyak. Selanjutnya 15 nama itu dibawa ke Majelis Permusyawaratan Muktamar. Dari musyawarah, suara terbanyak nomor satu sampai tujuh menjadi formatur.

Nama Jimly menempati posisi teratas dari 63 nama calon dengan 333 suara, kemudian Ilham Akbar Habibie 311 suara, Muhammad Nuh 241 suara, Zulkifli Hasan 221 suara, Priyo Budi Santoso 176 suara, Herry Suhardiyanto 163 suara dan Hatta Rajasa 150 suara.

Prosesi pemilihan sempat berlansung alot, beberapa peserta muktamar mempersoalkan pembentukan tujuh orang formatur untuk memilih ketua umum tanpa melibatkan peserta sidang. Namun suasana kembali tenang setelah peserta dilibatkan memilih tujuh orang formatur.

Sehari sebelumnya,  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla membuka acara Muktamar  VI dan Milad ke-25 ICMI   di Kampus Universitas Mataram (UNRAM), Sabtu  (12/12).

Jusuf Kalla menuturkan, kelahiran ICMI diawali kegelisahan kalangan mahasiswa waktu itu. Untuk memperbaiki nasib bangsa akhirnya dibujuklah BJ Habibie untuk memimpin ICMI. “ICMI hadir memang dihajatkan untuk perubahan bangsa ke arah yang lebih baik melalui jalur-jalur keislaman,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Ia berharap pada usia saat ini, ICMI semakin memberikan kontribusi untuk kesejahteraan ummat. Terlebih lagi tema yang diangkat dalam muktamar yaitu membangun Indonesia bermartabat. Menjadi Negara yang bermartabat bukanlah hal mudah.

Untuk mewujudkan itu maka dibutuhkan kerja sama semua pihak. Sebuah negara dikatakan bermartabat apabila telah mampu berdikari baik dari sisi politik maupun ekonomi. “Semoga ICMI terus memberikan sumbangsihnya untuk kemajuan bangsa,” harap Wapres.

Gubernur NTB TGH Zainul Majdi menyampaikan rasa terimakasihnya atas dipercayakan NTB sebagai tuan rumah. Baginya selama ini peran ICMI sangat penting bagi bangsa bahkan terhadap dirinya sendiri. “Tanpa ICMI mungkin saya tidak akan bsia jadi Gubernur,” ujar Majdi.

Ia sendiri pernah langsung menerima bantuan ICMI ketika menempuh pendidikan di Universitas  Al Azhar, Kairo periode 1994-1995 lalu. Waktu itu beasiswa yang diberikan ICMI kepadanya sangat membantu dan meringankan mahasiswa.

Selain dirinya, banyak juga mahasiswa Indonesia di Kairo yang mendapatkan beasiswa. Namun sejak tahun 2000 beasiswa tersebut tidak pernah lagia da. “Saya berharap beasiswa dari ICMI yang sempat terputus bias dilanjutkan lagi,” ucapnya.

Ketua panitia pelaksana, Prof Sunarpi mengatakan Muktamar  VI dan Milad ke 25 ICMI diikuti oleh 114 orang pengurus pusat, 812 orang pengurus wilayah, badan otonom dan juga tamu dari negara luar seperti Timor Leste, Timur Tengah, dan Australia. “Tidak lupa pula saya menyampaikan rasa terimakasih kepada Bapak Wakil Presiden yang berkenan meluangkan waktu membuka acara ini,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Presidium ICMI Dr Sugiharto mengaku sangat gembira Muktamar dibuka di kampus. Ia merasa ICMI telah kembali seperti saat pertama kali dibentuk di kampus Universitas Brawijaya 25 tahun  lalu. Ia menilai ICMI telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan agama seperti lahirnya perbankan syariah, asuransi syariah dan lain sebagainya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Menpan-RB Yuddy Chrisnandi, Wakil Ketua MPR-RI Hidayat Nurwahid, anggota Komisi I DPR-RI Syafrudin, para tokoh ICMI seperti Ketua Dewan Presidium Sugiharto, dewa presidium Ilham Habibie, Prio Budi Santoso, Marwah Daud, Bendahara Umum Sandiaga Uno, Ketua ICMI NTB Sunarpi, Gubernur NTB TGH Zainul Majdi, Wakil Gubernur H Muhammad Amin dan lain sebagainya.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *