Ilham Habibie: ICMI Harus Tetap Independen

Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof Dr. Ilham Habibie, mengingatkan agar ICMI tetap independen dan tidak dibawa ke ajang politik praktis. ICMI sebagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) akan konsentrasi dalam pemberdayaan pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan persoalan umat lainnya.

“ICMI akan tetap jadi ormas yang berbeda dengan partai politik. Kalau partai berkonsentrasi untuk merebut kekuasaan dan kalau sudah mendapatkannya berupaya keras agar bisa mempertahankan kekuasaan,” kata Ilham Habibie saat membuka Musyawarah wilayah (Muswil) ICMI Orwil Jabar di Gedung Madani ICMI Jln. Cikutra, Minggui (27/11).

Muswil diikuti ratusan peserta dari pengurus Orwil, Orda kabupaten/kota, dan organisasi satuan (orsat) ICMI. Nampak hadir mantan Gubernur Jabar H. Danny Setiawan, presidium ICMI pusat Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, dan tokoh-tokoh ormas Islam di Jawa Barat.

Lebih jauh Ilham mengatakan, sejak kelahirannya pada Desember 1990 lalu ICMI telah banyak mewarnai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara termasuk politik. “Banyak kader ICMI yang terjun dalam bidang politik dan itu diperbolehkan asalkan tidak membawa gerbong ICMI. Terjun ke politik harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya. (PIKIRAN RAKYAT).*

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *