ICMI undang tokoh nasional berpotensi capres

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) akan mengundang ketua umum partai politik dan sejumlah tokoh nasional yang dinilai berpotensi menjadi calon presiden dalam Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) dan ICMI Expo 2012.

“Tokoh-tokoh itu bisa berdialog dengan peserta untuk digali visi dan misinya. Melalui dialog itu peserta bisa tahu persis siapa yang kira-kira akan dipilih,” kata Ketua Presidium ICMI Nanat Fatah Natsir saat jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Beberapa tokoh yang menyatakan akan hadir antara lain Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Ketua MK Mahfud MD, dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Menurut dia, ICMI tidak bermaksud mendukung salah satu figur untuk diusung menjadi calon presiden. Tujuan ICMI mengundang para tokoh itu dalam acara yang diberi tajuk “Taaruf Tokoh Nasional” hanya untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Rakyat harus tahu dan mengenal siapa yang akan dia pilih supaya tidak tertipu,” ujarnya.

Dikatakannya, maju mundurnya suatu bangsa tergantung kepada pemimpinnya. Karena itu, jika pada 2014 rakyat salah memilih presiden, maka Indonesia akan mengalami kehancuran.

Dia mengatakan tema Silaknas dan Expo ICMI 2012 adalah “Kepemimpinan Nasional dalam Membangun Peradaban Bangsa”. Tema tersebut dipilih karena pada 2013 dan 2014, Indonesia akan memasuki tahun-tahun politik menjelang Pemilu 2014.

“Selain politik, juga akan hadir pembicara-pembicara yang akan membahas masalah hukum, ekonomi, pendidikan, dan dakwah. Juga akan ditandatangani kerja sama antara MUI, PBNU, dan PP MUhammadiyah yang akan mendeklarasikan Ikatan Saudagar Muslim Indonesia,” katanya.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *