ICMI : Umat Islam Butuh Kesadaran Pentingnya Sinergi

Jakarta, – Untuk membangun kekuatan umat Islam, ternyata tak hanya dibutuhkan semangat untuk bersatu-padu, bahkan lebih dari itu umat membutuhkan sinergi antar umat Islam itu sendiri untuk menimbulkan ketenangan dan ketentraman.

Karena itu, para tokoh Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia dalam acara Halal bi Halal Akbar 1437 H di Balai Sudirman, Jakarta, pada Rabu Malam (27/7) bersepakat bahwa umat Islam harus diberi kesadaran akan sinergi.

Seperti dikatakan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Jimly Ash-Shiddiqiy, program sinergi ini sangat penting sekali, mengingat kondisi umat saat ini memerlukan kesadaran baru mengenai pentingnya sinergi.

“Sinergi lebih dari sekedar bersatu, bersatu tidak berpecah belah itu penting sekali. Seperti dikatakan pak Habibie, dua kali dua itu menjadi dua ratus, itulah yang dinamakan sinergi tidak berpecah belah. Itu gambaran ilmiah tentang sinergi,” kata Jilmy.

Jimly juga menyebutkan, sinergi adalah bagaimana agar ada upaya saling mempertautkan potensi dari masing masing umat, sehingga dapat melipatgandakan manfaat untuk kemajuan bangsa dan negara.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Kehormatan ICMI, Prof. Dr.-Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie menyebutkan, sinergi umat adalah pondasi yang amat penting untuk menciptakan kebangkitan dan kemandirian bangsa.

“Iman dan taqwa yang diiringi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membentuk sinergi umat karena keduanya saling melengkapi dan sangat penting untuk kemajuan umat,” kata Habibie.

Pendiri ICMI itu juga mengatakan, masa kebangkitan nasional dan teknologi sudah dilalui, maka saat ini waktunya membangkitkan kesadaran bahwa masa depan bangsa ini ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang hidup tentram di bumi Indonesia.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *