ICMI: Taufiq Kiemas Negarawan Sejati yang Tulus

JAKARTA. Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Prof Nanat Fatah Natsir mengatakan bahwa Taufiq Kiemas merupakan sosok negarawan sejati yang tulus dan selalu mendambakan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Walaupun sakit, beliau tetap berjuang keras bagi persatuan dan kesatuan bangsa. Beliau adalah figur negarawan yang tulus berjuang bagi bangsa,” kata Nanat Fatah Natsir di Jakarta, Sabtu.

Nanat mengatakan bahwa dengan meninggalnya tokoh sekaliber Taufiq Kiemas, Indonesia kehilangan putra terbaik bangsa yang tekun dan ulet serta tak kenal lelah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesoa dan selalu memiliki perhatian kepada generasi muda.

Nanat mengenal Taufiq Kiemas sebagai pribadi yang santun, ramah cepat dan akrab serta mudah mengenal dan mengingat nama orang lain. Pertemuan terakhir Nanat dengan Taufiq Kiemas terjadi sekitar sebulan yang lalu saat sama-sama bertakziah.

“Tiba-tiba beliau memanggil saya dari jauh, ‘Pak Nanat… Pak Nanat…’. Saya kaget waktu itu. Mudah-mudahan almarhum diterima iman dan Islamnya, diampuni kekhilafannya dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran,” tuturnya.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang juga politisi senior PDI Perjuangan Taufik Kiemas meninggal dunia di Singapura, Sabtu pukul 19.05 waktu setempat atau pukul 19.05 WIB akibat pernyakit serangan jantung.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengagendakan rapat koordinasi untuk membahas rencana penyambutan dan pemakaman jenazah almarhum Taufiq Kiemas.

“Presiden sudah menginstruksikan menteri terkait, termasuk saya untuk rapat pukul 21.00 WIB untuk membahas penyambutan jenazah besok pagi hingga pemakaman di Taman Makam Pahlawan Kalibata,” kata Djoko Suyanto menjelaskan.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *