ICMI Diharapkan Jadi Wadah Pemersatu Umat

Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) diharapkan mampu menjadi wadah pemersatu berbagai organisasi Muslim di Indonesia. Saat ini umat Islam Indonesia memiliki banyak organisasi. Sayangnya, banyaknya organisasi tidak jarang malah memperbesar perbedaan.

“ICMI harus memadukan kotak-kotak umat yang ada menjadi satu,” kata Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Bambang Pranowo, seperti dikutip Republika.

Ia mengatakan, ICMI didirikan ketika umat membutuhkan wadah pemersatu umat. Namun, Bambang menyayangkan kehadiran ICMI ke belakang yang justru semakin kurang berperan secara proporsional bagi kemajuan umat.

Bambang merasa cukup senang dengan kepengurusan ICMI yang baru dilantik karena memiliki keorganisasian yang cukup rapi, baik dalam aspek struktur maupun program-program. Karena itu, ia yakin ICMI mampu menjadi wadah pemersatu umat di Indonesia.

Dengan berbagai kejelasan secara struktur dan program organisasi, Bambang menilai bukan hal mustahil ICMI memadukan berbagai organisasi Islam. Bahkan, ia berharap agar ICMI mampu mempersatukan dua organisasi Islam besar yang ada di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

“Kalau bisa menjadi satu, misal Islam Nusantara yang Berkemajuan, luar biasa itu,” ujar Bambang.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *