ICMI: ASEAN Harus Gerak Cepat Bantu Etnis Rohingya

Bandung – Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jabar Moh Najib mengatakan ASEAN harus bergerak cepat untuk membantu korban pembantaian etnis Rohingya di Myanmar.

“Mengeluarkan Myanmar dari ASEAN itu bukanlah perkara mudah, bahkan diperkirakan jika Myanmar keluar dari ASEAN malah lebih leluasa melakukan genosida terhadap umat Islam. Maka dari itu ASEAN harus melakukan tindakan dan langkah-langkah konkret untuk melakukan pencegahan genosida,”.

Najib mengatakan salah satu cara yang bisa dilakukan ASEAN adalah dengan memboikot arus dalam sektor ekonomi dan politik. “Dengan dua sektor tersebut saya rasa sudah cukup dalam menekan Myanmar,” ujarnya.

Selain itu pihaknya berharap agar ASEAN dan Indonesia untuk tidak tinggal diam dalam menyikapi penindasan yang ada di Myanmar.

“Karena dalam masalah ini Indonesia bisa berperan untuk menyelamatkan Muslim Rohingya, atau bisa juga Indonesia menggunakan cara diplomasi terhadap Myanmar untuk menyelamatkan etnis Rohingya” ucapnya.

Pihaknya juga menyerukan agar Myanmar jangan bertindak diskriminatif terhadap etnis Muslim Rohingya. “Kita mendukung Rohingya agar terlepas dari tindakan kekerasan dan pembunuhan yang dilakukan oleh Myanmar,” tandasnya.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *