ICMI akan Sambangi OJK Bahas Bank Wakaf Ventura

Jakarta (ICMI Media) – Ketua Kelompok Kerja Pendirian Bank Wakaf Ventura Indonesia DR Zainulbahar Noor menyebutkan, saat ini perkembangan Bank Wakaf Ventura terlaksana amat baik. Tim pendiri Bank Wakaf Ventura telah melakukan beberapa hal guna.

“Sudah ada beberapa hal dilakukan yaitu pembuatan anggaran dasar, pembentukan lembaganya, yayasan, pencarian dana wakaf untuk modal pertama dan pencarian calon Dewan Pengawas Syariah, Dewan Komisaris, dan Dewan Direksi,” kata Zainul kepada ICMI Media, Kamis (27/7).

Zainul juga mengaku bahwa pendirian Bank Wakaf Ventura amat didukung oleh Pemerintah Indonesia. Terbukti dari pidato Presiden Joko Widodo dalam peringatan Nuzulul Qur’an 12 Juni lalu di Istana Negara, Jakarta yang mengatakan saat ini pemerintah sedang proses mendirikan sebuah lembaga keuangan wakaf.

Guna mempercepat suksesnya pendirian Bank Wakaf Ventura, Zainul menyampaikan, tim pendiri akan segera berkunjung ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membicarakan hal tersebut.

Zainul berharap, berdirinya lembaga wakaf berbentuk bank di Indonesia dapat meningkatkan market share yang kini berada diurutan bawah dari negara-negara mayoritas berpenduduk Islam lainnya.

“Bank Wakaf Ventura kontribusinya luar biasa untuk umat Islam. Indonesia dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, market share dari bank-bank syariah di Indonesia hanya 5 persen saja. Sementara Uni Emirat Arab 15 persen, Malaysia 23 persen, Arab Saudi 91 persen,” ungkap Zainul.

Gagasan pembentukan Bank Wakaf Ventura tercetus sejak tahun 2014 dan menjadi program unggulan ICMI. Bertujuan untuk meningkatkan pembangunan perekonomian Indonesia melalui dana-dana keagamaan.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *