Home » Headline » ICMI Orda Kuningan Tumbuh Berdasarkan Semangat dari Bawah ICMI Orda Kuningan Tumbuh Berdasarkan Semangat dari Bawah

KUNINGAN. Ketua Umum ICMI Organisasi Daerah Kuningan, Dr. Iskandar MM. mengungkapkan, kegelisahan para cendekiawan muda dalam menyaksikan kondisi umat dan bangsa dalam beberapa tahun terakhir menjadi alasan mendasar pembentukan ICMI Orda Kuningan.

“Berbeda dengan kelahiran ICMI nasional yang dilatari oleh suasana politik nasional yang mau tidak mau harus diakui kelahirannya melalui suatu proses politik karena adanya keinginan elit untuk mendapatkan dukungan umat Islam, ICMI Orda Kuningan tumbuh berdasarkan semangat dari bawah,” tegas Iskandar dalam sambutannya pada pembukaan Silaturrahmi Kerja Daera (Silakda) ICMI Orda Kuningan di Aula Kampus II Uniku, Jalan Pramuka Kuningan, Ahad (23/7/2017).

Menurut Iskandar, para cendekiawan muda yang selama ini merasa gelisah menyaksikan kondisi yang terjadi bergerak untuk berbuat sesuatu bagi umat dan bangsa.

“Dari diskusi-diskusi panjang yang saya ikuti, saya menangkap keseriusan mereka untuk berkiprah di masyarakat melalui wadah ICMI. Akhirnya melalui perenungan yang cukup lama dan mendalam, ICMI Orda Kuningam dideklarasikan pada bulan Ramadhan lalu,” tutur Iskandar yang juga mantan Rektor Universitas Kuningan.

Terkait peran ICMI ke depan, Iskandar menekankan bahwa cendekiawan muslim harus menjadikan Islam sebagai sumber nilai sekaligus visi perjuangannya.

“Ketika menjalankan fungsinya sebagai cendekiawan, warna Islamnya terlihat jelas. Karena itu, tidaklah mungkin seorang cendekiawan muslim terlibat dalam tindakan yang tercela baik secara etik apalagi melanggar hukum. Hidup mereka seyogyanya, berada pada jalur kenabian dan para ulama pewarisnya,” pungkasnya.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *