Hanny Rono Kembali Terpilih Jadi Ketua ICMI Cimahi

Dokter Hanny Rono Sulistyo, Sp.OG(K), MM kembali terpilih sebagai Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kota Cimahi pada gelaran Musyawarah Musda II Orda ICMI Kota Cimahi di Local Education Centre (LEC) Kota Cimahi Jln. Permana Kel. Citeureup Kec. Cimahi Utara Kota Cimahi, Minggu (29/1). Selain memilih ketua, kegiatan tersebut juga untuk menyusun program kerja ICMI Kota Cimahi kepengurusan tahun 2012-2017.

Sebelumnya, Hanny menduduki jabatan yang sama periode 2006-2011. Terpilihnya Hanny berdasarkan kajian dan pencalonan yang diajukan tim formatur. Selain memilih ketua, tim formatur juga bekerja untuk menyusun kepengurusan ICMI Kota Cimahi yang baru.

Menurut Hanny, hasil pemikiran jajaran ICMI Kota Cimahi hendaknya menjadi salah satu dasar pertimbangan kebijakan Pemkot Cimahi. “Kepengurusan periode pertama, ICMI Kota Cimahi kurang bersinergi dengan Pemkot Cimahi. Padahal, hasil pemikiran kami berdasarkan ilmu dan agama,” ujarnya.

ICMI Kota Cimahi berharap dapat lebih berkontribusi dan bermanfaat untuk masyarakat dan pemerintahan di Kota Cimahi. Ke depan, pihaknya juga akan melakukan pendekatan dengan jajaran legislatif agar selaras dengan program pemerintahan. “Akan menarik anggota dewan, tapi harus menanggalkan politik dan mendahulukan kepentingan umat Islam,” ucapnya.

Tema yang diusung dalam kegiatan Musda II ICMI Orda Kota Cimahi yaitu Dengan Kesantunan Rasulullah Nabu Muhammad SAW dalam upaya mewujudkan Islam sebagai agama Rahmatan lil A’lamin. Terdapat 3 kerangka kerja yang disusun sebagai program kepengurusan periode yang baru.

Kerangka kerja yang pertama yaitu menjaga ukhuwah islamiyah antarorganisasi Islam. “Setiapa ormas yang ada dalam ICMI diarahkan untuk berbicara soal persamaan dan menghilangkan perbedaan. Islam tidak akan maju kalau terus berkutat dengan perbedaan, karena itu perlu membangun kebersamaan. Kerangka yang kedua, yaitu meningkatkan ilmu dengan mengundang para pakar akademisi, tapi juga mengkaitkan dengan agama lewat pencerahan dari para alim ulama.

“Yang utama, pemberdayaan umat. Sebagai cendekiawan, kita harus berguna untuk masyarakat. Dan, cita-cita ini yang berat,” tuturnya.

Salah satu pemikiran ICMI Kota Cimahi untuk Pemkot Cimahi yaitu konsep untuk “memanusiakan” pedagang kaki lima (PKL). “PKL harus diberdayakan bukan dibunuh. Usaha mereka halal karena berdagang, tapi keberadaan mereka mengganggu lingkungan karena sembarangan memasang jongko. Perlu dipikirkan bersama konsep yang menampung upaya mereka mencari nafkah halal. Misalnya, disiapkan lahan agar tidak mangkal di jalan raya tapi kebersihan diupayakan sendiri,” katanya.

Selain kerangka kerja yang telah ditentukan, masing-masing organisasi juga dapat mengajukan satu program kerja yang fokus pada pemberdayaan Ilmu, agama, dan ekonomi masyarakat. “Program kerja itu nantinya akan kita rumuskan kembali agar menjadi sumbangsih ICMI terhadap Kota Cimahi,” ujarnya. (PIKIRAN RAKYAT)

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *