Habibie Berharap ICMI Bangun SDM Bangsa

Ketua Dewan Kehormatan ICMI B.J Habibie (kedua kiri) bersama Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie (kedua kanan),saat menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman B.J Habibie di Jakarta, Rabu (15/6). (Republika/
Ketua Dewan Kehormatan ICMI B.J Habibie (kedua kiri) bersama Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie (kedua kanan),saat menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman B.J Habibie di Jakarta, Rabu (15/6). (Republika/

JAKARTA — Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie, berharap Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menjadi wadah persemaian kader bangsa. ICMI harus mampu memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia.

Dalam acara buka puasa bersama pengurus ICMI di Jakarta, Rabu (15/6), Habibie menjelaskan bangsa Indonesia akan berkembang lebih cepat. Sebabnya, SDM bangsa berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang cepat. Perkembangan ilmu pengetahuan juga terus terjadi. “SDM adalah andalan bangsa Indonesia,” ujar Habibie.

Dia mengatakan, generasi penerus bangsa saat ini jauh berbeda dengan generasinya dulu. Dia meyakini generasi sekarang mampu memperbaiki kondisi bangsa menjadi lebih baik.

Pembuat pesawat N 250 Gatot Kaca ini mengatakan, bangsa yang bertahan pada era globalisasi sekarang adalah yang mengandalkan SDM. Dia mencontohkan Jerman. Negara tersebut dulunya memiliki daerah miskin. Kini daerah itu berkembang menjadi markas besarnya sebuah merek mobil ternama di dunia.

Daerah yang miskin itu dulunya mengandalkan sumber daya alam. Namun, ketika SDM masyarakat di sana berkembang, daerah itu semakin maju. Perekonomiannya semakin baik.

Jerman dulunya kedatangan imigran mencapai jutaan orang. Mereka dulunya hanya warga biasa. Beberapa tahun kemudian, mereka membangun kualitas SDM. Hal ini mengakibatkan keterampilan mereka semakin berkembang. Mereka kemudian berkontribusi besar bagi kemajuan Jerman. “Kebanyakan dari mereka adalah Muslim,” katanya.

Habibie berharap ICMI menjadi tempat persemaian SDM unggul. Organisasi tersebut harus bisa membangun masyarakat Indonesia menjadi lebih baik.

Ketua ICMI, Jimly Asshiddiqie, mengatakan organisasi kemasyarakatan (ormas) harus hadir dan memberikan kontribusi kepada masyarakat. ICMI dulu membuat konsep perekonomian Islam, seperti perbankan syariah. Saat ini sudah banyak bank syariah di Indonesia. Bank ini berkembang dengan pesat. Masyarakat Indonesia banyak mengambil manfaat dari bank ini.

Jimly mengatakan ICMI harus bisa mengembangkan konsep ini. Yang sudah berjalan saat ini bisa dievaluasi lebih lanjut. “Kita bisa membuatnya menjadi lebih maksimal. Ini harus diperkuat,” kata Jimly.

Acara ini dihadiri tokoh nasional, seperti  Qurais Shihab, Priyo Budi Santoso, Prof. Nanat patah natsir dan ketua ICMI Orwil Jabar Moh, Najib.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *