Guru dan Pendidikan Karakter Bangsa

Kondisi bangsa  sejak memasuki era reformasi dan demokratisasi selain membuka berbagai peluang kemajuan  juga penuh dengan tantangan yang bisa berakibat fatal bagi perjalanan bangsa ke depan. Sukses tidaknya kita melewati tantangan zaman sangat tergantung pada keseriusan kita membangun karakter bangsa.

Dalam program Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa, guru mempunyai peran teramat penting. Hal ini disebabkan karena mereka  berperan penting dalam proses pembentukan karakter peserta didik sejak usia dini. Selain itu jumlahnya sangat banyak dan menjangkau ke seluruh desa dan kelurahan  Indonesia.

Jika  dirancang dan direncanakan  dengan sistematis serta dilaksanakan dengan sepenuh hati, kader inti Guru bisa menjadi penggerak perubahan karakter dan proses tranformasi nilai  bangsa Indonesia. Kader inti guru tingkat Nasional akan melatih kader Provinsi, Provinsi akan melatih dan mementor kader Kabupaten,  kader Kabupaten akan  melatih dan mementor guru, guru melatih siswa lalu siswa  akan membawa pengaruh positif kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Menurut Aep Saepuloh, sasaran yang akan dicapai adalah terjadinya perubahan mindset dan karakter guru ke arah perbaikan dan peningkatan melalui rangkaian pelatihan dan pembiasaan, serta perenungan. Jika skenario ini berjalan baik, maka akan cukup signifikan terhadap perubahan karakter bangsa secara positif.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *