Dewan Pakar ICMI terpilih Jadi Komisioner KPI

Pengesahan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2016)
Pengesahan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/7/2016)
Jakarta – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat mengumumkan sembilan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia terpilih. Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari menjelaskan, sembilan nama tersebut dipilih berdasarkan tiga indikator, yakni integritas, wawasan, dan kepribadian.

“Ada tiga indikator: integritas, wawasan, dan kepribadian. Semua sudah terlihat dalam fit and proper test,” kata Abdul seusai rapat internal Komisi I di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, 19 Juli 2016. Sembilan komisioner terpilih tersebut adalah Nuning Rodiyah, Sudarwanto Rahmat Arifin, Yuliandrie Darwis, Ubaidillah, Dewi Setyarini, Dr. H. Obsatar Sinaga, S.IP., M.S, Mayong Suryo Laksono, Hardly Stefano Fenelon Pariela, dan Agung Suprio.

Abdul menuturkan Komisi I mengambil keputusan memilih nama-nama tersebut dalam rapat internal berdasarkan suara terbanyak. Namun sebelumnya, ucap dia, Komisi mengutamakan musyawarah untuk menentukan nama-nama yang akan dipilih. “Musyawarah tidak ketemu, lalu kami tentukan lewat suara terbanyak karena tidak terjadi kesepakatan,” katanya.

Sebelumnya, Komisi I menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap 27 calon komisioner KPI. DPR kemudian meloloskan sembilan nama untuk dibawa ke rapat paripurna. “Nama ini kami bawa ke rapat paripurna besok (Rabu, 20 Juli 2016),” ujarnya.

Dr. H. Obsatar Sinaga, S.IP., M.S . Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran ini aktif menulis dan menjadi narasumber di berbagai diskusi dan seminar nasional. Dia juga terpilih sebagai Dosen Teladan FISIP Unpad tahun 2005 dan Dosen berprestasi FISIP Unpad tahun 2010.

Obstar juga tercatat sebagai Dewan Pakar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) bidang Pertahanan. Dia pun hingga kini tercatat sebagai dosen nonorganik Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan Sekolah Staf Komando Angkatan Udara (Seskoau).

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *