Awal Puasa Ramadhan 1436 H Serentak 18 Juni 2015 M

puasa ramadhanICMIJabar.or.id — Pimpinan Pusat Muhammadiyah memutuskan 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada Kamis 18 Juni 2015 berdasarkan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah 1436 Hijriyah.

Ketua PP Muhammadiyah, Muhyiddin Junaedi, menyatakan, lima tahun ke depan dari mulai 2015-2020, sebagian besar umat Islam, baik dari kalangan ormas Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, maupun organisasi kemasyarakatan Islam lainnya akan melaksanakan awal Ramadhan dan awal Syawal (Idul Fitri) serempak.

“Jadi Muhammadiyah dan NU serta Ormas Islam lainnya telah mengadakan pertemuan sebelumnya yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang membahas penetapan awal Ramadhan dan awal Syawal,” tutur Muhyiddin, Minggu (3/5).

Dalam pertemuan tersebut, papar Muhyiddin, Ormas Islam baik yang menggunakan perhitungan hisab maupun rukyat, termasuk dari sudut ilmu astronomi telah disepakati, bahwa lima tahun ke depan sebagian besar akan melaksanakan awal Ramadhan dan awal Syawal serempak, tidak ada perbedaan lagi.

“Perbedaan yang akan terjadi hanya dalam penetapan 10 Dzulhijjah, atau Lebaran haji yang kemungkinan akan mengalami perbedaan dalam perayaannya,” papar Mahyiddin seperti dikutip poskotanews.com.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *