Aher: ICMI Harus Jadi Pelopor Mencerahkan Masyarakat Jabar

berita_362512_800x600_20170217_155115 Cimahi. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengharapkan agar musyawarah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia ICMI Jawa Barat ke enam bisa menghasilkan rumusan yang bermanfaat bagi Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya.

Harapan itu disampaikan Gubernur Aher kepada wartawan, usai membuka musyawarah wilayah ke enam ICMI Jawa Barat di Badan Diklat Kepegawaian Propinsi Jawa Barat Jalan Kolonel Masturi Cipagera Kota Cimahi Jumat(17/2/2017).

Menurut Aher, ICMI yang lahir dari kesadaran komunal harus menjadi titik temu bagi kepentingan ummat dan kepentingan bangsa.” Jadi segala perbedaan yang ada yang melatari anggota ICMI baik ormas maupun politik yang berbeda itu bisa menyatu ketika ada kepentingan bersama dihadapan ummat sehingga ICMI menjadi faktor yang mempersatukan kepentingan ummat dan dan masa depan bangsa”,ujarnya.

Ahmad Heryawan meminta Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) untuk mampu memebawa masyarakat muslim Indonesia mengesampingkan perbedaan pendapat yang akan menggerus kesatuan dan persatuan bangsa.

Artinya , ini saatnya ICMI hadir membawa rumusan-rumusan berguna bagi masyarakat Indonesia, dan Jabar khususnya.

“Saya ucapkan selamat kepada ICMI, mudah-mudahan musyawarah wilayah ini bisa menghadirkan rumusan bermanfaat untuk kepentingan umat dan bangsa,” kata Aher saat membuka Muswil VI ICMI Jabar di Cimahi kemarin.

Kehadiran ICMI di tengah masyarakat diharapkan mampu menyatukan kepentingan dan suara masyarakat agar bisa hidup dengan toleransi dan saling menghargai.

Hal itu penting menyusul kini masyarakat kerap bersinggungan dengan perbedaan, baik sosial, politik atau lainnya.

“ICMI harus menjadi pencerah di masyarakat, membawa Islam yang demokrasi, akademis serta menjadi pelopor untuk masyarakat,” kata dia.

Tidak hanya itu, Aher pun mengajak ICMI ikut membentuk masyarakat agar selain unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, juga unggul dalam Iman dan Taqwa.

Gubernur juga berharap ICMI menjadi organisasi yang mencerahkan Islam dan demokrasi , Islam yang moderat, Islam yiang berilmu pengetahuan, Islam yang mengentaskan kemiskinan, Islam dan Masyarakat Sosial, Islam dan Cyber Soceati, masyarakat sipil.”Saya kira ICMI yang harus menjadi pelopor untuk mencerahkan masyarakat Jawa Barat dan Indonesia”,tandasnya.

“Kita jangan diam dengan kondisi sosial politik. Harus bergerak cepat,” pungkasnya.

Dikatakannya, ICMI memiliki sejarah yang cukup panjang, dan hadir dari kebangkitan agama untuk bersatu menyongsong masa yang gemilang.

Selain itu lanjutnya, ICMI pun harus bersikap tegas untuk masa depan ini. Apalagi kaum muslimin merupakan pemegang saham terbesar dari NKRI dan kebhinekaan.

“Jangan sama sekali meragukan kebhinekaan kaum muslimin. Ini penting diungkapkan, karena yang mencuat ke permukaan seolah olah anti kebhinekaan padahal kitalah yang paling bhineka. Kebhinekaan bukan hanya sekedar kebhinekaan tapi fitrah kecintaan dan kehidupan. Oleh karena itulah saya ingin ada banyak pertemuan santai terarah untuk membangun kesadaran kita,” katanya.

Lebih lanjut Heryawan mengatakan, ICMI harus bisa menjadi satu faktor yang bisa mempersatukan perbedaan di berbagai organisasi. Sehingga ketika ada satu sesuatu hal yang sangat penting ICMI menjadi yang terdepan untuk mempersatukan bangsa.

“Jadi pada saat ada perbedaan maka kita ingin ICMI menjadi faktor yang mempersatukannya. Semangat kemajuan dan kehidupan. Kita menginginkan program pencerahan dari ICMI ke masyarakat luas. Mari kita kembangkan ajaran yang moderat yang berada di tengah dan tidak berlebihan. Itu peran ICMI yang harus diperhatikan,” katanya.

Menurutnya, peran pencerahan perlu disuarakan, sehingga menggema kemana mana.”Mudah mudahan di Jakarta ada gema ICMI yang mendorong potensi pemersatu,” pungkasnya.

Sementara Ketua ICMI Jawa Bara Profesor Haji Muhammad Najib menjelaskan, musyawarah wilayah ini merupakan amanat organisasi tiap 5 tahun sekali.

Musyawarah wilayah yang berlangsung hingga besok merupakan forum tertinggi ditingkat organisasi wilayah ,untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus Orwil Jawa Barat periode 2011-2016, menyusun program kerja dan memilih pengurus baru 5 tahun kedepan .

Kedepannya,ICMI ingin membangun titik temu diantara keragaman yang ada sehingga perbedaan yang ada bisa menyatukan ummat.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *