400 Toko ICMI Digulirkan di Jawa Barat

BANDUNG,IMG_20160828_185921.- Setelah sukses membuka di Blitar, Jawa Timur, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) kembali meluncurkan 400 unit Toko ICMI di Provinsi Jawa Barat dengan menggandeng Pemerintah Daerah Jawa Barat, dan dilaksanakan oleh ICMI Orwil (Organisasi Wilayah) Jabar.

“Secara resmi, hari ini tanggal 25 Agustus 2016 saya luncurkan Toko ICMI di Jawa Barat. Dalam kesempatan ini, ICMI Orwil Jabar telah membuka 400 unit Toko ICMI, dengan didukung oleh Alisa Khadijah Jabar (Organisasi Pengusaha Perempuan ICMI) dan juga Pemda Jawa Barat,” kata Wakil Ketua ICMI, Dr. Sri Astuti Buchary di Gedung Pusdai, Bandung, Kamis 25 Agustus 2016.

Sri mengatakan, Jawa Barat menjadi provinsi kedua yang secara resmi membuka Toko ICMI ini. Program ini sendiri menurut Sri, merupakan sebuah bentuk komitmen ICMI untuk membangun jaringan pasokan bahan pokok pangan di seluruh Indonesia dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat serta mudah diakses karena tersebar hingga tingkat rukun warga (RW).

“Rumah pangan atau Toko ICMI ini sebagai bentuk konstribusi langsung ICMI untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia,” kata Sri Astuti. Menurut dia, Toko ICMI merupakan langkah kongkret ICMI untuk membangun perekonomian masyarakat, khususnya perekonomian keluarga. “Keluarga yang kuat secara ekonomi dan moral akan melahirkan generasi yang berkualitas yang baik,” ungkap Sri.

Selain itu kata Sri, partisipasi ICMI ini juga membantu pemerintah untuk memperpendek jalur distribusi sehingga harga-harga menjadi terjangkau masyarakat. Menurut dia, program ini nantinya akan diikuti oleh daerah yang lain dengan modal masing-masing atau secara kolektif meminjam dari Bank BRI atau dibantu oleh para pengusaha.

Setelah diluncurkan, pengembangan Toko ICMI akan dilakukan sendiri oleh Orwil, Orda dan Orsat yang dipantau oleh pengurus ICMI Pusat. Sri sendiri mengakui, bahwa pelaksanaan program tersebut bukan perkara yang mudah dan ringan. Namun, memang harus tetap dilaksanakan karena tujuan Program Toko ICMI ini adalah dalam rangka untuk menstabilkan harga pasar, sehingga masyarakat tak dipermainkan oleh para mafia.

Selain itu ujar Sri, dengan adanya Toko ICMI secara tidak langsung ICMI menggerakan ekonomi secara syariah kepada masyarakat.

Sementara itu, Sekjen ICMI, Muhammad Ja’far Hafsah menyatakan dalam sambutannya, bahwa ICMI memiliki program kerja yang nyata atau langsung bersinggungan dengan masyarakat yaitu perekonomian. “Selain itu ICMI juga konsen dengan masalah-masalah kenegaraan dan masalah-masalah yang menyangkut masyarakat, termasuk program Toko ICMI ini,” kata Ja’far.

Selain Wakil Ketua ICMI, Sri Astuti Buchari, dan juga Sekjen ICMI, acara itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, Ketua ICMI Orwil Jabar, M.Najib, Didin Muhafidin, Andi Yuliani Paris, Agung Mozin, dan seluruh pelaksana Tim Toko ICMI Jawa Barat.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *