Yayat Hidayat Mendapat Gelar Doktor Ilmu Politik

DSC_0124Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat dan Dewan penasehat Majelis Sinergi Kalam (MASIKA). Yayat Hidayat mendapat gelar doktor‎ ilmu politik pada program Pascasarjana Universitas Padjajaran (Unpad).

Yayat mengajukan Disertasi dengan judul ‘Aksesbilitas Pemilu Legislatif Tahun 2014 Bagi Penyandang Disabilitas di Jawa Barat.’ Desertasi tersebut mendapatkan predikat memuaskan.

Dalam paparanya, Yayat menuturkan, tuntutan ke depan kesetaraan setiap warga negara dalam pemilu harus ditonjolkan, sehingga aksesibilitas menjadi semangat zaman penyelenggaraan pemilihan umum, baik pilkada, pilgub, maupun pilpres.

“Ini beriringan dengan UU No 8 Tahun 2016, soal perlindungan terhadap disabilitas. Jadi tidak bisa terelakkan lagi aksesibilitas pemilu harus betul-betul dilaksanakan dengan baik untuk memberikan pelayanan bagi kelompok ini,” tutur Yayat kepada wartawan seusai menerima gelar doktor.

Yayat mengatakan, penyandang disabilitas merupakan kelompok yang rentan disalahgunakan hak suaranya. Untuk itu, dia berharap dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan rujukan untuk penyelenggaraan pemilu yang akan datang.

“Dari tahun ke tahun kelompok ini rentan. Ke depan harus ada pemenuhan hak-hak politik bagi mereka,” tuturnya.

Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari yang menghadiri sidang terbuka tersebut mengucapkan selamat kepada Yayat. “Selamat atas diterimanya gelar doktor yang diperoleh Pak Yayat Hidayat. Semoga ilmunya bermanfaat, khususnya bagi penyelenggaraan pemilu ke depan,” paparnya.

Ineu menilai penting atas sumbangan ilmu yang diberikan Yayat, khususnya mengenai aksesibilitas pemilu bagi penyandang disabilitas. Menurut Ineu, kelompok tersebut berhak mendapatkan akses khusus dalam memberikan suaranya.

‎”Ini menjadi bagian penting untuk aksesibilitas disabilitas,” singkatnya.

icmijabar

ICMI Orwil Jabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *